Inilah Umat Rasulullah yang Memiliki Rumah di Surga

Inilah Umat Rasulullah yang Memiliki Rumah di Surga

MEMILIKI sebuah rumah di surga sana kelak, tentunya menjadi impian bagi setiap Muslim. Allah pun menjanjikan ganjaran rumah di surga untuk amalan tertentu yang ditunaikan oleh hambaNya.

Akan tetapi, apakah Anda tahu siapa umat Rasulullah yang diganjar oleh Allah dengan rumah di surga sana?

Ternyata ia merupakan seorang Muslimah—perempuan. Yakni Khadijah RA, istri Rasulullah SAW.

Hal tersebut termaktub dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA. Suatu ketika Malaikat Jibril mendatangi Rasul dan berkata,”Wahai Rasulullah ini dia Khadijah, ia akan datang membawa serantang makanan dan lauk-pauk, atau minuman”.

“Jika ia tiba, sampaikan salam dari Tuhannya dan dariku, dan sampaikan berita gembira, ia berhak atas rumah di surga yang terbuat dari intan permata, tidak ada kegaduhan dan kelelahan.”

Dalam kitab Syarah Muslim, Imam an-Nawawi menjelaskan bahwa rumah tersebut menurut mayoritas ulama—laksana istana megah yang terbuat dari intan permata.

Ibnu Hajar al-Asqalani dalam kitab Fath al-Bari Syarh Shahih al-Bukhari, pahala untuk Khadijah tersebut sangat setimpal. Itu mengingat posisi dan peran Khadijah dalam menopang dakwah pada masa awal turunnya risalah.

Khadijah menjadi orang yang pertama kali percaya terhadap Rasul. Ia setia berdiri di samping Rasul, menghilangkan rasa letih, kesedihan, dan menghapus lara akibat tekanan penentang dakwah.

Disadur dari Khazanah Republika.

Silahkan bagikan:

Artikel terkait:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments