Tak Ada Istilah Remaja dalam Islam, Benarkah?

Tak Ada Istilah Remaja dalam Islam, Benarkah?

Saat ini, pemuda dengan kisaran usia 14-20 tahun disebut remaja. Istilah ini dinilai sejumlah ulama sebagai sebuah kebohongan yang disebar di kalangan umat. Mereka menilai remaja adalah istilah baru dan asing yang bertujuan untuk memaklumi sifat kekanak-kanakan para pemuda.

Para ulama tidak pernah menemukan satupun kata ini dalam Al Quran dan As Sunnah. Perhatikanlah pemuda-pemuda Muslim berikut ini.

عبد الرحمن الناصر21 سنة: كان عصره هو العصر الذهبي في حكم الأندلس وقد قضى فيها على الاضطرابات وقام بنهضة علمية منقطعة النظير لتصبح أقوى الدول في عصره حتى تودد إليه قادة أوروبا.
1. Abdurrahman An Nashir, 21 tahun, hidup di masa keemasan di bawah pemerintahan Andalusia. Ia telah melewati berbagai guncanganli dan membangkitkan ilmu di wilayah An Nazhir, sehingga wilayah tersebut menjadi negara terkuat di masanya dan ia didekati para penguasa Eropa.

محمد الفاتح 22 سنة : فتح القسطنطينية عاصمة الدولة البيزنطية التي استعصت على كبار القادة حينها.
2. Muhammad Al Fatih, 22 tahun, telah menaklukkan Konstantinopel, ibukota kekaisaran Bizantium yang para pemimpin senior pada masa itu.

أسامة بن زيد 18سنة : قاد جيش المسلمين مع وجود كبار الصحابة رضي الله عنهم كأبي بكر وعمر-رضي الله عنهم- ليواجه أعظم جيوش الأرض حينها.

3. Usamah bin Zaid, 18 tahun, telah memimpin tentara kaum Muslimin bersama shahabat Rasulullah, seperti Abu Bakar dan Umar ra. untuk menghadapi pasukan musuh terbesar pada waktu itu.

محمد القاسم 17 سنة : فتح بلاد السند وكان من كبار القادة العسكريين في عصره.
4. Muhammad Al Qasim, 17 tahun, telah menaklukkan negeri Sindh. Dan ia merupakan salah satu tentara senior di zamannya.

سعد بن أبي وقاص 17سنة: أول من رمى بسهم في سبيل الله وكان من الستة أصحاب الشورى وكان الرسول صلى الله عليه وسلم يشير إليه قائلاً : "هذا خالي فليرني كل إمرؤ خاله".

5. Sa'ad bin Abi Waqash, 17 tahun, orang yang pertama kali melemparkan panah di jalan Allah. Ia termasuk salah satu dari 6 orang yang ditunjuk Umar dalam pemilihan khalifah (Ashabusy syura). Rasulullah SAW pernah menunjuk ke arahnya seraya bersabda, "Ia adalah pamanku. Maka hendaklah seseorang memperlihatkan pamannya kepadaku."

أرقم بن أبي الأرقم سنة: جعل بيته مقراً للرسول عليه الصلاة والسلام 13 سنة متتابعة.

6. Al Arqam bin Abil Arqam, 16 tahun, telah menjadikan rumahnya sebagai basis dakwah Rasulullah SAW selama 13 tahun berturut-turut.

طلحة بن عبيد الله 16سنة : أكرم العرب في الاسلام وفي غزوة أحد بايع رسول الله صلى الله عليه وسلم على الموت وحماه من الكفار واتّقى عنه النبل بيده حتى شلَّت يده ووقاه بنفسه.

7. Thalhah bin Ubaidillah, 16 tahun, merupakan orang Arab yang paling mulia dengan keislamannya. Pada perang Uhud, ia bersumpah setia (berbai'at) kepada Rasulullah SAW bahwa ia bersedia mati, melindungi beliau dari orang-orang kafir, menjaga beliau dr anak panah dengan tangannya sendiri hingga lumpuh.

الزبير بن العوام 15 سنة : أول من سلّ سيفه لله في الإسلام وهو حواريّ النبي صلى الله عليه وسلم.
8. Az Zubair bin Al 'Awwam, 15 tahun, orang yang pertama kali menghunuskan pedangnya di jalan Allah. Ia termasuk hawari (teman setia) Rasulullah SAW.

عمرو بن كلثوم 15 سنة : ساد قبيلة تغلب وقد قيل عنها "لولا نزول الإسلام لأكل بنو تغلب الناس" .

9. Amr bin Kultsun, 15 tahun, telah memimpin kabilah Taghallub. Dikatakan, "Kalau bukan karena Islam, niscaya Bani Taghallub akan memangsa manusia."

معاذ بن عمرو بن الجموح 13 سنة، ومعوّذ بن عفراء 14 سنة :
قتلا أبا جهل في غزوة بدر وكان قائداً للمشركين حينها.

10. Mu'adz bin Amr bin Jumuh, 13 tahun, dan Mu'awwidz bin Afra, 14 tahun, keduanya adalah pemuda yang telah membunuh Abu Jahal, pemimpin orang-orang musyrik, ada perang Badar.

زيد بن ثابت 13 سنة : أصبح كاتب الوحي وتعلم السيريانية واليهودية في 17 ليلة وأصبح ترجمان الرسول صلى الله عليه وسلم حفظ كتاب الله وساهم في جمع القرآن.

11. Zaid bin Tsabit, 13 tahun, menjadi juru tulis wahyu. Ia mempelajari bahasa Syriac dan Yahudi selama 17 hari. Ia menjadi sekretaris Rasulullah SAW, menghafal Al Quran, serta ikut andil dalam proses pengumpulan Al Quran.

عتاب بن أسيد ولاّه النبي صلى الله عليه وسلم مكة وعمره ١٨ عاما".

12. Itab bin Usaid dijadikan gubernur Makkah oleh Rasulullah SAW dalam usia 17 tahun.

الإمام مالك بن أنس إمام دار الهجرة .. كان عمره 17سنة حينما جلس للفتوي وقال : 《ما جلست للفتوي حتي شهد لي سبعون من علماء المدينة أن أجلس للفتوي》.

13. Imam Malik bin Anas, imam Darul Hijrah. Ia masih berusia 17 tahun ketika berfatwa, "Aku tidak akan berfatwa sebelum 70 ulama Madinah menyaksikanku berfatwa."

أتمنى حذف مصطلح "مراهق" وزرع الثقه والعزة في نفوس أبنائنا.. علموهم كتاب الله في الصغر وسترون كيف يكون سمتهم .. وتتأكدون من هذه الكذبة الكبيرة.

Sejumlah ulama ingin istilah "remaja" dihapuskan. Saatnya menumbuhkan rasa percaya diri dan kemuliaan dalam jiwa anak-anak muslim. Para orangtua diminta mengajarkan Al Quran di masa kecil mereka, agar bisa kita saksikan bersama bagaimana identitas mereka terbentuk. Umat akan mendapati bahwa istilah remaja itu adalah kebohongan yang besar.

Kaum muslimin harus membina generasi yang kuat dengan iman, sehingga umat Islam akan bangkit kembali. Setiap muslim harus saling mengingatkan orang-orang di sekitarnya agar mereka tidak melupakan aslaf (para pendahulunya), karena mereka adalah Qudwah kita.

Sumber:http://www.ngelmu.id/2017/04/tak-ada-istilah-remaja-dalam-islam.html

Silahkan bagikan:

Artikel terkait:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments